4 Mahasiswa Rampungkan Program Double Degree UNY dan NCU Taiwan

Saat ini sangat dibutuhkan lulusan-lulusan dengan kompetensi dan kemampuan yang dapat bersaing dengan tuntutan kerja saat ini. Program Double Degree untuk gelar master antara UNY dan NCU Taiwan merupakan salah satu program kerjasama antar dua institusi yang telah berjalan. Program ini telah menghasilkan lulusan-lulusan dengan daya saing dan kompetensi yang mumpuni.

Ayu Nuswantari dan Cinthya Indrasyawati dari program Teknologi Pembelajaran, kemudian Muhammad Irfan Luthfi, dan Rio Nurtantyana dari program Pendidikan Teknik Elektronika dan Informatika di UNY merupakan mahasiswa yang telah mengikuti program ini. Keempat mahasiswa tersebut masuk dalam jurusan Graduate Institute of Network Learning Technology (NLT) di NCU Taiwan yang merupakan salah satu perguruan tinggi dengan rating yang baik di Taiwan.

Keempat mahasiswa tersebut mengungkapkan bahwa program ini sangat bermanfaat dan sangat baik dalam pelaksanaannya. Ayu menjelaskan, bahwa kurikulum dan suasana pembelajaran di UNY dan NCU tidak jauh berbeda, hanya saja dikarenakan NCU kuat dalam keteknikannya, maka mahasiswa diwajibkan untuk belajar sedikit demi sedikit agar mampu meraih kompetensi yang diharapkan.

Keempat mahasiswa telah melaksanakan ujian Oral Defense secara langsung di NCU dan Live Video Conference di UNY dengan diuji oleh masing-masing tiga penguji dari NCU dan dua penguji dari UNY. Ujian Oral Defense yang berjalan selama 40 menit tersebut berjalan dengan lancer, dibantu oleh Prof. Dr. Wu-Yuin Hwang selaku kaprodi dan dosen pembimbing di NCU. Terkait dengan tema penelitian, keempat mahasiswa mengusung tema yang berbeda-beda, misalnya Irfan yang mengembangkan multimedia pembelajaran berbasis android untuk matematika fraction, Ayu yang mengembangkan synchronous argumentation system, dan lain sebagainya.

Program double degree untuk gelar master yang telah berjalan lancar ini menjadi pertimbangan untuk diadakannya program – program selanjutnya seperti untuk program Ph.D yang akan segera dirapatkan untuk kedepannya. Diharapkan dengan adanya program ini dapat meningkatkan mutu dari lulusan - lulusan UNY. (Ayu/ant)