Dosen UNY Presentasikan E-learning di Paris

Herman Dwi Surjono, Ph.D., salah seorang dosen Prodi Pendidikan Teknik Informatika Fakultas Teknik dan sekaligus Kaprodi S2 Teknologi Pembelajaran Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta berhasil menyajikan papernya di ajang The 2013 4th International Conference on Distance Learning and Education (ICDLE 2013). Konferensi internasional ini diselenggarakan oleh International Association of Computer Science and Information Technology (IACSIT) dan International Journal of Information and Education Technology pada 12 – 13 Oktober 2013 di Paris, Perancis. ICDLE ini merupakan kegiatan tahunan sebagai sarana bagi para researchers, scientists, engineers, dan scholar untuk bertukar pikiran dan menyajikan hasil penelitian, ide baru serta pengalaman yang berkaitan dengan Pembelajaran Jarak Jauh, Teknologi Pembelajaran, dan E-learning.

Dalam kesempatan ini, Herman menyajikan makalahnya yang berjudul “The Evaluation of a Moodle Based Adaptive E-Learning System”. Terdapat 40 judul paper berasal dari 15 negara dalam konferensi ini yang berhasil lolos seleksi dari 120 paper yang masuk oleh komite internasional untuk dipresentasikan dalam sesi paralel. Di samping disajikan secara lisan, makalah yang lolos seleksi ini juga diterbitkan dalam International Journal of Information and Education Technology (IJIET - ISSN 2010-3689, www.ijiet.org) Vol. 4, No. 1, February 2014. IJIET merupakan jurnal internasional bergensi yang diindex oleh Engineering & Technology Digital Library, Google Scholar, Crossref and ProQuest.

Herman yang juga sebagai senior member International Association of Computer Science and Information Technology (IACSIT) sejak 2011 mengatakan bahwa paper yang disajikan ini merupakan hasil penelitiannya tentang adaptive e-learning. Topik adaptive e-learning ini merupakan bidang yang dia geluti sejak mengerjakan disertasi doktornya. Dalam penelitian ini, dia mengembangkan adaptive e-learning dengan cara mengkustomisasi LMS Moodle. LMS Moodle merupakan software yang saat ini digunakan dalam e-learning UNY Besmart. Harapannya dengan hasil penelitian ini, Besmart UNY dapat ditingkatkan fungsionalitasnya dengan menambahi fitur adaptive.

Herman merasa senang dapat berpartisipasi dalam konferensi skala internasional tersebut dengan membawa nama UNY, sehingga UNY semakin dikenal di forum internasional. Dalam ICDLE 2013 tersebut banyak juga manfaat lain yang diperolehnya antara lain dapat menjajaki kerjasama dan menambah teman peneliti dari luar negeri.  Di samping itu, Herman juga mendorong kepada para dosen UNY terutama dosen muda untuk terus aktif berpartisipasi di ajang internasional