Pelatihan Web Bagi Guru-guru SMP Bantul

foto ppm 2016

Perkembangan teknologi internet seharusnya dapat kita manfaatkan untuk mengoptimalkan pembelajaran baik di dalam kelas maupun di luar kelas. Kini para guru bisa memanfaatkan berbagai layanan dan aplikasi dari internet untuk pembelajaran. Salah satu aplikasi berbasis web yang populer digunakan guru untuk menyediakan sumber belajar online adalah Blog. Oleh karena itu guru bisa memanfaatkan fasilitas gratis yang ada di internet tersebut. 

Demikian sambutan Ketua Program Studi S-2 Teknologi Pembelajaran PPs UNY, Prof. Herman Dwi Surjono, dalam acara pelatihan web bagi guru-guru Sekolah Menengah Pertama (SMP) pada tanggal 3 September 2016. Kegiatan rutin tahunan yang dilaksanakan dalam rangka kegiatan pengabdian pada masyarakat ini bertempat di laboratorium Komputer lantai 3 Gedung PPs UNY. Kegiatan yang dimulai pukul 09.00 hingga 14.00 ini diikuti oleh sejumlah 26 guru-guru SMP se-kabupaten Bantul.

Pelatihan ini menghadirkan lima orang nara sumber yang berkompeten dalam bidang web pembelajaran, yaitu: Prof. Dr Abdul Gafur D, M.Sc, Prof. Herman Dwi Surjono Ph.D, Dr. Ali Muhtadi, M.Pd, Ariyawan Agung M.Pd, dan Dian Wahyuningsih M.Pd. Mereka ini merupakan dosen-dosen Program Pascasarjana UNY dan Fakultas Ilmu Pendidikan UNY.

Materi pelatihan ini meliputi peran sumber belajar online dalam pembelajaran pada sesi pertama oleh Prof. Dr Abdul Gafur D, M.Sc dilanjutkan oleh Prof. Herman Dwi Surjono Ph.D dengan materi pengembangan website gratis. Selanjutnya pada sesi ketiga disajikan materi prinsip-prinsip desain web oleh Dr. Ali Muhtadi dan diakhiri dengan praktikum produksi media pembelajaran berbasis website yang dibimbing oleh Ariyawan Agung M.Pd dan Dian Wahyuningsih M.Pd.

Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi guru-guru dalam mengembangkan pembelajaran yang memanfaatkan teknologi. Hal ini diungkapkan oleh salah satu peserta Supriyanto S.Pd: “Saya beruntung dapat menjadi peserta pelatihan web gratis bagi guru-guru SMP se-Kabupaten Bantul mengingat pesatnya kemajuan teknologi yang seharus bisa kita manfaatkan untuk dunia pendidikan”. Beliau juga sangat berterimaksih kepada program studi Teknologi Pembelajaran PPs UNY yang telah memfasilitasi kegiatan ini. Semoga kegitan ini dapat terus berlansung dan bermanfaat bagi dunia pendidikan