Prodi S2 Teknologi Pembelajaran PPS UNY Raih Akreditasi A

Saat visitasi dari asesor BAN-PT di prodi S2 PPs UNY

Program Pascasarjana UNY patut berbangga hati karena salah satu prodinya yaitu Prodi S2 Teknologi Pembelajaran (TP) berhasil meraih akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Peringkat akreditasi tertinggi tersebut tertuang dalam Surat Keputusan dari BAN-PT dengan nomor 218/SK/BAN-PT/Ak-XI/M/2013. Status akreditasi A ini berlaku lima tahun sejak 26 Oktober 2013 hingga 26 Oktober 2018. Dengan demikian Prodi TP merupakan prodi ke-6 yang mendapat akreditasi A dari 11 prodi S2 yang ada di PPs UNY. Sedangkan menurut website BAN-PT, dari seluruh prodi S2 TP (Teknologi Pembelajaran/Teknologi Pendidikan) PPs seluruh Indonesia yang berjumlah 18 prodi, terdapat 6 prodi termasuk Prodi S2 TP PPs UNY yang berstatus akreditasi A.

Kepastian status A berupa SK dari BAN-PT tersebut diterima oleh Kaprodi S2 TP PPs UNY, Herman Dwi Surjono, Ph.D. belum lama ini dengan rasa syukur dan gembira. Bahkan pimpinan UNY melalui Wakil Rektor I secara resmi memberi ucapan selamat atas capaian peringkat A tersebut dengan harapan agar prodi S2 TP terus meningkatkan kualitas akademiknya. Herman menyampaikan rasa terima kasih kepada pimpinan UNY dan pimpinan PPs UNY atas dukungan selama proses akreditasi prodi. Perolehan peringkat tertinggi tersebut menurut Herman merupakan hasil kerja kolektif dari semua unsur prodi baik pimpinan, dosen, mahasiswa maupun alumni. “Kami mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak, khususnya kepada Tim Akreditasi atas kerja kerasnya baik dalam proses penyusunan dokumen akreditasi maupun penyiapan dan pelaksanaan visitasi tim BAN-PT beberapa bulan yang lalu”, jelas Herman di kantornya.

Hasil akreditasi ini sesungguhnya semakin meneguhkan peran Prodi S2 TP PPs UNY dalam menghasilkan Magister Pendidikan (M.Pd.) yang berkualitas yang memiliki kompetensi sebagai: perancang instruksional, pengembang multimedia, pengembang e-learning, manager sumber belajar, pengajar dan peneliti dalam kawasan teknologi pembelajaran. Kompetensi ini merupakan ciri khas dari lulusan Prodi S2 TP PPs UNY. Herman berkeyakinan bahwa lulusan prodi S2 TP PPs UNY akan memiliki kompetensi tersebut karena didukung oleh dosen/guru besar yang berkualitas dan berkomitmen, kurikulum yang baik, laboratorium komputer dan multimedia yang modern, strategi pembelajaran dengan blended learning, serta berbagai dukungan dari staff PPs UNY. “Bagi para guru dari berbagai bidang studi yang ingin studi lanjut S2 tidak perlu ragu lagi untuk mendaftar ke prodi S2 TP PPs UNY, mumpung masa pendaftaran mahasiswa baru masih dibuka hingga 30 Januari 2014”, harap Herman. (hds)