Program Master Dual Degree TP UNY dengan GINLT NCU Taiwan

UNY-NCU

Program Master Dual Degree yang telah dirintis sejak tahun 2013 antara Prodi S2 TP PPs UNY dengan Graduate Institute of Network Learning Technology, National Central University, Taiwan (GINLT NCU) kini telah disetujui oleh Kemenristekdikti untuk dilaksanakan mulai tahun 2017 ini. Menurut Kaprodi S2 TP PPs UNY Prof. Herman Dwi Surjono, Ph.D. untuk tahun ini sebanyak 5 orang calon peserta telah lolos seleksi UNY dan saat ini dalam proses admisi dari NCU Taiwan. Mereka akan mulai mengikuti perkuliahan di NCU Agustus 2017. Untuk tahun 2018, masih ada kesempatan penerimaan mahasiswa baru Prodi S2 TP PPs UNY gelombang 3 melalui http://pmb.uny.ac.id. Hal ini karena calon peserta Program Dual Degree ini adalah mahasiswa S2 TP PPs UNY yang terdaftar pada semester 2.

Deskripsi singkat tentang Program ini adalah sebagai berikut:

Lulusan

Lulusan Program Master Dual Degree ini akan memperoleh dua gelar yakni M.Pd. dari UNY dan M.Sc. dari NCU. Lulusan akan memiliki kompetensi sebagai instructional designer, multimedia developer, e-learning developer, learning resources manager, serta trainer & researcher dalam kawasan teknologi pembelajaran yang berwawasan internasional.

Persyaratan Calon Peserta

  1. Calon peserta adalah mahasiswa S2 TP PPs UNY yang terdaftar pada semester 2.
  2. IPK S1 minimal 3.10 dari 4.00.
  3. Skor TOEIC minimal 700 atau TOEFL minimal 525 (atau yang sejenisnya).

Seleksi Calon Peserta

  1. Calon peserta mengisi formulir pendaftaran dengan melampirkan proposal tesis dalam bahasa Inggris, bukti kemampuan bahasa Inggris (TOEFL, TOEIC, IELTS, dll.), transkrip S1, dan DHS S2 TP paling lambat tanggal 30 April.
  2. Seleksi dilaksanakan berdasarkan kemampuan dan kecakapan calon peserta yang memenuhi kualifikasi serta kelayakan proposal tesis dan hasil seleksi diumumkan sebelum 7 Mei.
  3. Calon peserta yang lolos seleksi akan mengirim Application Form ke NCU melalui KUIK UNY sebelum 15 Mei.
  4. Kelengkapan Application Form ke NCU dapat dilihat di website Office of International Affairs NCU dengan judul dokumen Incoming Dual Degree Programs.
  5. Calon yang diterima akan mengikuti perkuliahan untuk semester Fall pada periode Agustus – Januari dan semester Spring pada Februari – Juli di NCU.

Kurikulum Program

Pada tahun pertama, mahasiswa mengambil kredit sejumlah 23 sks dengan rincian 12 sks di semester 1 dan 11 sks di semester 2. Pada tahun kedua, mahasiswa melaksanakan perkuliahan di GINLT NCU, Taiwan. Mahasiswa setidaknya harus mengambil kredit 9 sks (3 mata kuliah) di semester 3. Selanjutnya, mahasiswa menyelesaikan penelitian tesis di semester 4 dengan kredit 6 sks.