WORKSHOP PERCEPATAN MASA STUDI

Kegiatan workshop percepatan masa studi bagi mahasiswa Magister Teknologi Pembelajaran dilaksanakan secara daring pada 7 Agustus 2023 pukul 13.00 – selesai dengan jumlah peserta sebanyak terdiri dari dosen, tendik, dan mahasiswa. Kegiatan dimulai dengan sambutan Bapak Prof. Dr. Haryanto, M.Pd selaku Koordinator Program Studi Magister Teknologi Pembelajaran. Dilanjutkan Bapak Dr. Cepi Safruddin Abdul Jabar, M.Pd. selaku Wakil Dekan Bidang Akademik, Kemahasiswa, dan Alumni Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi Universitas Negeri Yogyakarta.

Selanjutnya kegiatan inti yaitu workshop percepatan masa studi yang dinarasumberri oleh Bapak Dr. Cepi Safruddin Abdul Jabar, M.Pd. Presentasi yang disampaikan oleh Bapak Cepi ini berkenan dengan panduan tesis terbaru tahun 2023. Sehingga perlu disosialisasikan agar semua mahasiswa dapat memperoleh informasi terkait perubahan tersebut. Hal-hal yang disosialisasikan diantaranya mengenai batasan dan bentuk tesis, persyaratan mahasiswa yang dapat mengambil mata kuliah tesis, prosedur pengajuan dan penyusunan, prosedur administrasi ujian proposal tesis, mekanisme pengajuan proposal tesis, pembimbingan mahasiswa, perizinan penelitian, layanan etik, mekanisme validasi produk penelitan, review tesis, ujian hasil tesis, mekanisme ujian hasil tesis, ketentuan khusus dan ada beberapa catatan terkait pedoman terbaru yaitu pedoman dengan contoh belum sinkron, serta ujian proposal tesis, di sisi lain ada mata kuliah seminar proposal tesis.

Setelah pemaparan materi diadakan sesi diskusi atau tanya jawab mahasiswa yang jarang bimbingan dikarenakan sakit, lalu terkait panduan terbaru apakah sudah, mahasiswa INTAKE yang masih semester 2 apakah boleh melakukan bimbingan tesis tanpa harus mengambil mata kuliah tesis terlebih dahulu, terkait bimbingan revisi setelah ujian tesis, ingin ujian tesis di semester 3, apakah tidak apa mengambil kuliah tesis, Sementara matkul tesis ada di semester 4, apakah ada dana penelitian dari fakultas.

Harapan dari adanya kegiatan ini yaitu mahasiswa magister dapat mengetahui pedoman tesis yang terbaru dan dapat mempercepat masa studi para mahasiswa.

.